Industri Digital

Ingin Bersaing di Industri Digital? Kuasai ini Dulu, YukIndustri digital dan teknologi di Indonesia kini semakin berkembang pesat. Sumber Daya Manusia (SDM) yang cakap merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan industri digital.

Dunia digital saat ini sangat mempengaruhi dalam segala bidang kehidupan. Dibalik pertumbuhan industri teknologi dan dunia startup yang sedang berkembang, jumlah ketersediaan talenta yang handal masih menjadi persoalan.

Pada era transformasi digital ini mengharuskan perusahaan beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan. Anak millennial kini lebih menyukai bekerja di sebuah platfoam digital yang membebaskannya untuk berekespresi.

 Asah kemampuan Anda jika ingin bersaing di industri digital, kuasai terlebih dahulu apa saja kah itu?. Berikut diantaranya:

Kemampuan Berbahasa Asing

Kata-kata asing sudah menjadi hal biasa yang bisa ditemui pada kemajuan teknologi. Pekerja di industri ini paham benar bahwa bahasa asing terutama bahasa inggris merupakan bahasa yang umum digunakan.

Dengan menunjukan kemampuan bahasa inggris yang Anda kuasai saat mengirim Curriculum Vitae (CV), bisa menjadi nilai lebih pada diri Anda. Dengan penguasaan bahasa asing juga memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang asing, sehingga nantinya tidak akan menghambat pekerjaan Anda ke depannya.

Mulailah ikuti kursus-kursus bahasa asing, atau Anda bisa berlatih dengan teman yang sudah fasih berbahasa asing.

Aktif di Sosial Media

Untuk bersaing di Industri Digital, tentunya Anda harus menguasai beberapa hal. Salah satunya harus melek teknologi, tidak ketinggalan informasi yang sedang hype. Anda juga harus update tentang sosial media yang sedang “in” yang banyak di gunakan oleh berbagai kalangan, seperti instagram, facebook, youtube twitter, pinterest, sampai dengan blog.

Kemampuan Menulis

Sebagian besar bekerja di industri digital adalah berfokus pada ide-ide kreatif yang akan dibuat. Kemampuan Anda menulis sangatlah dibutuhkan untuk menuangkan ide yang dimiliki lalu digambarkan ke dalam bentuk visual.

Tidak ada salahnya mulai lah berlatih dengan menulis kegiatan Anda sehari-hari, mimpi yang ingin Anda raih, maupun hal lainnya. Dengan kemampuan menulis juga banyak pekerja lepas di industri digital, yang tak perlu terikat dengan perusahaan.

Paham Jenjang Karir

Sebelum terjun ke industri digital sebaiknya Anda menguasai ilmu desain, karena dengan ilmu tersebut merupakan salah satu kunci sukses. Keindahan dalam sebuah industri ditigal lahir dari tangan terampil dan ide yang brillian.

Menguasai Ragam Software dan Aplikasi

Anda harus bisa menguasai berbagai macam software dan aplikasi. Besarnya potensi peluang pekerjaan pada industri digital dan teknologi ini misalnya di bidang digital agency, management talent, internet marketing, e-sport dan lain-lain.

Pasokan talenta yang terbatas di bidang teknologi terutama yang ahli di bidang digital dengan kemampuan setara ahli atau advance, menjadi salah satu keuntungan untuk Anda bisa bersaing di industri digital.

Pada sisi lain, perusahaan digital harus mempunyai trik untuk mendapatkan talenta yang bagus misalnya melakukan branding, baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Menjaga lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan agar membuat karyawan nyaman dan betah, sehingga memunculkan testimony yang baik dan menarik talenta lain dari luar.

Sedangkan secara eksternal, perusahaan bisa menjemput bola langsung, misalnya dengan menjalin kerjasama dengan sejumlah universitas ternama. Di samping bisa menjaring talenta digital perusahaan juga bisa menjadi dosen tamu atau pemateri di seminar-seminar.

Itulah beberapa hal yang harus dikuasai terlebih dahulu sebelum bersaing di Industri Digital. Semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga: http://harlembee.com/dunia-Digital/