Peralihan Sistem Pendidikan Di Indonesia Saat Ini. Zaman digital mempengaruhi gerak segala sektor di dunia termasuk pendidikan. Kemudahan menjalani kehidupan melalui gadget menjadi candu tersendiri untuk sebagian orang tertentu. Mereka mengakui kenikmatan memakai gadget tanpa perlu repot membawa barang atau uang nyata. Sektor pendidikan juga tak ingin ketinggalan dengan inovasi pemudah segala urusan tersebut. Maka dengan hadirnya kurikulum 2013 lalu menjadi permulaan revolusi pendidikan Indonesia.

"<yoastmark

Baca juga artikel lain di : http://harlembee.com/

Kabar itu disahut gembira oleh segala kalangan terlebih para pelajar yang sudah akrab dengan pemakaian gadget. Mereka melambungkan harapan bahwa pendidikan di Indonesia saat ini adalah langkah mudah menerima ilmu pengetahuan. Bagi pelaksana pendidikan seperti guru yang masih awam dengan adanya peralihan kurikulum sempat membuatnya resah. Ada kejanggalan yang dikabarkan pendidik tentang pemahaman materi yang mereka sampaikan pada para pelajar.

Pro dan kontra sudah terjadi, sekarang tinggal memandang hasil aplikasinya pada pendidikan Indonesia. Pelajar yang mulanya antusias menyambut kurikulum baru menyatakan kekurangannya mengerjakan tugas yang diberi. Teori memang telah disampaikan secara virtual namun kuantitas tugas ikut berubah drastis. Untuk pendidik juga memperoleh hasil sebaliknya. Mereka yang gagap teknologi dipaksa belajar meskipun sekedar untuk mengirim tugas. Namun nyatanya setelah pendidik fasih, mereka lebih getol dari pelajar yang sebelumnya.

Sistem baru itu benar-benar menekankan bahwa belajar tidak hanya berupa mendengar dan memperhatikan materi. Di siana mereka dirangsang untuk berpikir kritis untuk menjadi pemuda trendy yang peka kondisi sekitar. Wali murid atau orang tua pelajar memberi dukungan penuh terhadap pendidikan di Indonesia saat ini. Keinginan hati mereka mengenai pendidikan yang mesti berkembang demi menstimulus putra atau putri mereka akhirnya terlaksana. Hal itu tentu memberi kesan bahwa Indonesia siap berubah bersama muda-mudi bangsa.

Setelah melihat luasnya perubahan yang dijangkau, kita membutuhkan rangkuman akan kelebihan dari peralihan pendidikan Indonesia ini. Hal tersebut mendorong pemikiran untuk yakin bahwa program pemerintah bukan hal buruk untuk dijalankan. Bila ingin senantiasa mengapresiasi perkembangan pendidikan, tengok rangkuman dibawah berikut.

Kelebihan Peralihan Pendidikan Di Indonesia Saat Ini

Mengukur Kecakapan Seseorang

Pendidikan di Indonesia saat ini meminta pelajar untuk jadi pribadi mandiri. Mereka akan diajarkan berpikir dengan logika masing-masing untuk memecahkan masalah. Di sana tidak ada rekayasa nilai atau kemampuan teman lain yang dipakai. Siswa hanya bergantung pada diri sendiri demi mencapai kesuksesan.

Menciptakan Standar Pada Individu

Seseorang yang telah merasa cakap pada keahlian tertentu berarti juga sudah menciptakan standar pada dirinya sendiri. Standar tersebut akan menjadi langkah awal dunia mengenalnya dan bila standar itu tercapai maka ciptakan lagi standar baru. Manusia terus berkembang dalam segala situasi, setiap diri individu adalah unik dan hanya dia yang mampu mempelajarinya. Serta hal lain yang harus diingat ialah standar tersebut milik setiap individu bukan bersama.

Mendalami Passion

Setiap diri individu punya passion yang layak dikembangkan. Apalagi di era serba bisa pada pembelajaran di Indonesia saat ini. Gunakan waktu yang tersedia untuk belajar dan mendalami passion. Jika kita cerdas mengelolanya maka passion itu akan berubah jadi jati diri kita kelak.

Setiap pelajar memiliki goal yang hendak mereka kejar untuk cita-citanya nanti. Besar atau kecil goal pelajar Indonesia mencerminkan kesiapan dunia pendidikan terus maju. Sebagai masyarakat yang terlibat pendidikan di Indonesia saat ini kita tak boleh segan terus memberi dukungan.