Industri Digital Strategy

Cara Mengembangkan Industri Digital di Indonesia – Selaras dengan fakta yang beredar dan tentu sedikit banyak kita dengar kabarnya bersama, bahwa banyak mahasiswa asal Indonesia yang sudah bisa menciptakan aplikasi digital, seperti game edukasi, kesehatan dan aplikasi lainnya sampai memenangkan perhargaan tingkat internasional, salah satunya mahasiswa dari UGM.

Aset berharga ini tentu sangat disayangkan apabila tidak di eksploitasikan dengan baik. Kontribusi kreativitas mereka bisa mendukung kemajuan dari aspek industri khususnya industri digital di Indonesia ke depan.

Disini peran pemerintah dan kita sendiri untuk sekaligus menyadari tugas kita bersama untuk meningkatkan pengembangan di bidang perindustrian sangatlah dibutuhkan untuk menunjang perekonomian melalui eksploitasi kreativitas mereka yang sudah bisa di aspek industri digitalnya.

Pemerintah Terapkan Program Pendukung

Ketika pemerintah sudah mengakui akan bagaimana prospek  dari industri digital, sudah menjadi barang tentu bila pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang penerapan program pendukung kreativitas mereka untuk masuk ke dunia industri.

Marolop Nainggolan, Kementerian Perdagangan ikut mengungkapkan terkait peran serta pemerintah dalam perindustrian ini. Bahwa dukungan akan diberikan penuh untuk pengembangan industri digital di Indonesia dengan cara mengembangkan potensi kreativitas mereka ke arah yang lebih baik lagi, salah satunya dengan memberikan bimbingan terkait negoisasi dengan calon pembeli serta mensupport mereka untuk berani berjualan ke luar negeri.

Tapi sayangnya,  pemerintah belum memiliki data yang lebih detail terkait industri digital di Indonesia. Sektor ini tidak terlalu terekspos, hanya berkembang secara alami dari rumah mereka masing-masing. Baik ketika berindustri maupun melakukan transaksi jual beli dengan orang luar negeri. Mereka melakukan semua itu cukup dengan jaringan internet saja. Data lintas produk dan uang yang masuk dari luar negeri tidak terdeteksi oleh pemerintah.

 Pemerintah hanya menyediakan fasilitas pendukung dengan melakukan training bersekala besar untuk pengembangannya. Seperti yang sudah pernah di gelar di Yogyakarta kemarin oleh komunitas digital.

Pada tahun 2019 kemarin pemerintah juga sudah memberikan beasiswa pelatihan untuk 25 ribu pelajar  bagi mereka yang mau belajar di tiga bidang digital yang meliputi; internet of things, keamanan siber dan kecerdasan buatan sebagai mana  yang Kementerian Komunikasi dan Informasi tetapkan. Beasiswa pelatihan tersebut dilakukan dalam jangka tiga bulan (juni – agustus).

Optimisme Pengembang Produk Digital

Dalam progresivitas sikap optimis selalu wajib untuk diikut sertakan, apalagi di bidang perindustrian ini yang sekarang sudah memiliki prospek cukup bagus.

Produsen digital harus yakin negaranya akan menjadi pemeran pertama dalam sektor ini. Industri digital di Indonesia akan semakin berkembang dan terekspos ke dunia luar dengan syarat sikap optimis itu tidak hilang serta antara pemerintah dan produsen sektor industri ini saling bekerja sama dalam memetakan dan menghadapi segala tantangannya.

Dalam industri digital biasanya ada tiga problem pokok yang akan dihadapi para pembisnisnya, yaitu jaringan, manajemen, dan modal. Seperti yang sudah ditegaskan oleh Ketua Hubungan Eksternal Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF), Indra Haryadi. Di mana pelaku bisnis digital di Yogyakarta banyak keluhan terkait modal dan jaringan bisnisnya. Sebab itulah, mengapa poin pertama tadi diprioritaskan asosiasi pemerintah terkait industri ini. Ketika pemerintah sudah mengulurkan tangannya, secara otomatis optimisme itu akan terbangun.

Demikianlah dua caranya agar industri digital di Indonesia berkembang dengan baik, sekarang maupun ke depannya. Bisa kita aplikasikan dengan cara pemerintah tetap mau bergandeng tangan dengan kita untuk mewujudkan cita-cita besar tersebut.

Baca Juga: Bisnis Industri Digital dengan Hasil yang Menjanjikan